Irma Nurul

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Belajar Teknik Marmer Tekstil Jepang, Suminagashi

Belajar Teknik Marmer Tekstil Jepang, Suminagashi

Belajar seni tradisional Jepang memang tidak ada habisnya. Sebagai negara yang dikenal mempertahankan nilai-nilai kebudayaannya, kesenian di Jepang selalu menarik perhatian turis mancanegara. Dengan berkembangnya teknologi internet dan generasi baru seniman, belajar seni menjadi lebih mudah. Seniman bebas melakukan eksplorasi dan dapat mempelajari kesenian negara lain untuk memperkaya ranah seni di negaranya sendiri.

Seni tradisional tekstil di negeri sakura ini sangat unik. Beragam teknik dari Shibori, Katazome, dan Suminagashi menambah kecintaan kita terhadap kekayaan seni tradisi ini. Seni tekstil yang kita soroti kali ini adalah seni tekstil Suminagashi. Suminagashi adalah teknik membuat dekorasi pada kain dengan menggunakan teknik seperti membuat tekstur marmer.

Tekstur marmer dihasilkan dari tinta khusus (marbling paint). Pertama-tama kita siapkan sebuah bak yang berisi air. Lalu kita celupkan kuas kedalam warna yang diinginkan. Tinta menyebar dengan lembut pada permukaan air membentuk pola yang tidak sama. Jika kita letakkan lagi tinta warna lain diatas tinta yang kita bubuhkan pertama kali maka warna tersebut akan membentuk lingkaran-lingkaran warna berselang-seling. Menyebar dengan indah. Kita dapat melakukannya berulang sampai mendapatkan bentuk yang sesuai dengan keinginan.

Teknik lain yang dapat digunakan adalah dengan menggoreskan bagian tekstur marmer tinta dengan suatu benda. Tekstur akan membelah dan kembali menyebar. Kain yang ingin diaplikasikan dibentangkan dalam keadaan terbaik dan dengan cepat menyerap bentuk yang sudah ada di air. Kain akan memiliki motif unik. Selamat mencoba teknik dekorasi tekstil Suminagashi!

https://www.youtube.com/watch?v=Qva-pWxa4Xk
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Wah keren bun, jadi tahu tentang seni suminagashi. Terima kasih share ilmunya. Barakallah, sukses selalu.

15 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali